#Quote “Siapa yang menghendaki kehidupan dunia, maka harus disertai dengan ilmu. Dan siapa yang menghendaki kehidupan akhirat, juga harus dengan ilmu.” [Imam Syafi’i]

Apa itu ngrok ? belajar ngrok, website dari localhost agar bisa diakses ke internet

Hallo teman-teman, balik lagi pada artikel blog ridwan network kali ini kita akan membahas ap itu ngrok, pasti banyak yang penasaran dari Namanya, waktu pertama saya dikenalkan pun sama teman saya sama penasaran dari Namanya kenapa diberi nama ngrok, terus buat apa ngrok, kenapa butuh ngrok.

Muncul pertama jadi masalahnya saya buat website dilocalhost, kemudian teman saya yang berada diluar kota ingin sekali melihat web saya dan fitur dalam web tersebut, waktu itu saya tidak berlanggangan sharedhotsing atau mempunyai VPS agar bisa saya upload ke dalam hosting dan bisa dilihat oleh teman saya yang berada diluar daerah itu, kemudian teman saya menyarankan kenapa tidaak menggunakan ngrok saja ?

Penasaran dengan Namanya langsung saya googling, ap aitu ngrok dan fungsinya setelah googling saya sedikit menangkap secara umum ap aitu ngrok dan fungsinya

Web utama ngrok berada pada domain : https://ngrok.com

Secara sederhana ngrok adalah sebuat jembatan yang menghubungkan website local kita agar dapat diakses keluar dari jaringan lain (internet secara global) lah kok bisa ? harusnya kan kita upload dulu kedalam hosting atau VPS kok bisa langsung diakses begitu saja.

Ya itu kehebatan ngrok, tanpa ribet dan tanpa perlu configurasi pusing (setup ip, NAT, setup firewall dll) dengan ngrok website yang berada dilokal kita jadi langsung bisa publis umum diinternet, dan bisa kita bagikan lagsung url hasil conversi dari local dikonversikan kedalam system url ngrok secara acak.

Ohiya ngrok sendiri ada beberapa versi, ada yang paket gratis yang hanya bisa digunakan 2 jam saja dan ada paket basic, pro dan bussines masing-masing mempunya fitur yang berbeda untuk lebih jelasnya mengenai paket bisa cek lagsung pada official website ngrok nya ya temean-teman saya sertakan url websitenya

https://ngrok.com/pricing

sesuai taglinenya ngrok yaitu “ Spend more time programming. One command for an instant, secure URL to your localhost server through any NAT or firewall.” Tanpa pusing dan simple

bagi teman-teman yang sudah tidak sabra ingin langsung mencobanya bisa menuju ke halaman download pada web ngrok, ngrok sendiri sudah mendukung operating system, windows, linux, dan mac

untuk project source code ngrok bisa diakses pada : https://github.com/inconshreveable/ngrok

apabila nanti menjalankan ngrok pada shell ngrok yang dijalankan maka akan digeneratekan url random yang berektensi domain blalala.ngrok.io itu adalah domain yang nantinya bisa diakses dari luar jaringan

bagi teman-teman yang ingin langsung praktik bisa kunjungi tutorial berikutnya bagaimana cara menjalankamn ngrok pada windows 10 dengan mudah dan anti ribet website kita langsung go internet.

berikut tutorial cara menggunakan ngrok, orang bukan basic IT pun bisa menggunakan dengan tutorial step bye step disertai gambar baca disini : https://ridwan-network.blogspot.com/2021/02/belajar-ngrok-cara-menjalankan-dari.html

Ok sekian dulu perkenalan mengenai ngrok, terima kasih semoga bermanfaat

bye!

Postingan terkait: